Tipe Data SQL : String

Pengertian String

String adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan teks atau karakter dalam suatu bahasa pemrograman atau database. String sangat umum digunakan dalam pemrograman dan database karena dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data teks seperti nama, alamat, deskripsi, dan sebagainya.

Jenis - Jenis String

        1. CHAR(n) 

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan string dengan panjang yang tetap. Jika panjang string yang disimpan kurang dari limit yang ditentukan, maka karakter kosong (space) akan ditambahkan di bagian belakang string. Limit karakternya bisa diatur hingga 255 karakter.

        2. VARCHAR(n) 

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan string dengan panjang yang bervariasi. Panjang maksimum string yang dapat disimpan di tipe data VARCHAR ditentukan oleh parameter limit. Limit karakternya bisa diatur hingga 65535 karakter.

        3. TEXT 

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan string dengan panjang yang sangat panjang, seperti artikel atau dokumen. Tipe data TEXT tidak memiliki limit karakter yang tetap, namun tergantung pada database yang digunakan. Beberapa database membatasi panjang string TEXT hingga 65.535 karakter, sedangkan database lain memperbolehkan hingga 2 miliar karakter.

        4. NCHAR(n) 

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan string dengan panjang yang tetap dalam bentuk Unicode. Jika panjang string yang disimpan kurang dari limit yang ditentukan, maka karakter kosong (space) akan ditambahkan di bagian belakang string. Limit karakternya bisa diatur hingga 255 karakter.

        5. NVARCHAR(n) 

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan string dengan panjang yang bervariasi dalam bentuk Unicode. Panjang maksimum string yang dapat disimpan di tipe data NVARCHAR ditentukan oleh parameter limit. Limit karakternya bisa diatur hingga 65535 karakter.

Contoh Penggunaan String


Pada contoh di atas, tabel siswa memiliki kolom-kolom dengan tipe data string, yaitu:

  • Kolom 'nama' dengan tipe data VARCHAR(50) digunakan untuk menyimpan nama siswa dengan panjang maksimum 50 karakter.
  • Kolom 'alamat' dengan tipe data TEXT digunakan untuk menyimpan alamat siswa dengan panjang yang sangat panjang.
  • Kolom 'jenis_kelamin' dengan tipe data CHAR(1) digunakan untuk menyimpan jenis kelamin siswa dengan panjang tetap 1 karakter.
  • Kolom 'agama' dengan tipe data NCHAR(10) digunakan untuk menyimpan agama siswa dengan panjang tetap 10 karakter dalam bentuk Unicode.





Sekian dari saya, terima kasih.
Peserta Program Beasiswa Protonema 2022/2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQL : Data Manipulation Language

Sejarah Linux