Praktikum Database

Create Table tb_pengguna

Input:
  

Disini saya membuat tabel tb_pengguna dengan field seperti diatas, yaitu field userid, nama, email dan no_telp, serta constraint primary key berada di field userid.

Output:


Berikut adalah deskripsi struktur mengenai tabel tb_pengguna yang telah dibuat sebelumnya.

Added Unique Into Table

Input:


Untuk menambahkan constraint unique ke dalam field email di tabel tb_pengguna dapat menggunakan command diatas, dan  nama dari constraint yang saya buat adalah 'email'.

Output:


Berikut adalah deskripsi tabel tb_pengguna setelah field email diberikan constraint unique.

Added Index Into Table

Input:  


Untuk menambahkan index ke dalam tb_pengguna dapat menggunakan command diatas, nama dari index yang dibuat adalah idx_nama_notelp, serta field yang dibuatkan index adalah field nama dan no_telp. command show index digunakan untuk menampilkan index yang ada dalam tabel tersebut.

Output:

Show Index:


Berikut adalah output dari commadn diatas, dan diatas menunjukkan index yang ada dalam tabel pengguna serta constraint dari field yang ada.

Desc:


berikut adalah deskripsi tabel setelah dibuatkan index untuk field nama dan no_telp.

Edit Field Data Type

Input:


Untuk mengedit tipe data pada field di tabel tb_pengguna dapat menggunakan command diatas, field yang diubah disini adalah no_telp yang sebelumnya menggunakan tipe data int diubah menjadi tipe data bigint.

Output:


Berikut adalah deskripsi tabel setelah field no_telp diubah tipe data nya menjadi bigint.

Insert Data Into Table tb_pengguna


Untuk menambahkan data ke dalam tabel tb_pengguna dapat menggunakan command diatas, data yang ditambahkan adalah sebanyak 5 data, dan untuk pengisian string perlu menggunakan kutip, namun untuk integer boleh tidak.

Output:


Berikut adalah isi tabel setelah diisi data yang sebelumnya.

Create Table tb_team

Input:  


Untuk membuat tabel tb_team dapat menggunakan command diatas, field yang dibuat adalah id_team, nama_team, dan id_koordinator, serta untuk primary key berada di field id_team.

Output:


Berikut adalah deskripsi dari tabel tb_team.

Create Table tb_koordinator

Input:


Untuk membuat tabel tb_koordinator dapat menggunakan command diatas, field yang dibuat hanya ada 2 yaitu id_koordinator dan nama, serta untuk primary key digunakan di field id_koordinator.

Output:


Berikut adalah deskripsi dari tabel tb_koordinator.

Add Constraint FOREIGN KEY

Input:


Untuk menambahkan constraint foreign key dalam tabel tb_team dapat menggunakan command diatas, field dari tb_team yang digunakan untuk menyimpan foreign key adalah field id_koordinator, serta untuk referensi atau tempat relasi dari foreign key tersebut berada di tb_koordinator pada field id_koordinator, on update cascade on delete cascade berarti ketika data dalam tabel primary yaitu tb_koordinator dihapus atau diubah maka data dalam tabel secondary yaitu tb_team akan berubah seperti data dalam tabel primary.

Output:


Berikut adalah deskripsi dari tabel tb_team setelah field id_koordinator diberi foreign key.

Insert Into Table tb_team And tb_koordinator

Input:

Table tb_team:


Untuk menambahkan data ke dalam tabel tb_team dapat menggunakan command seperti diatas, data yang ditambahkan di sini adalah 5 data, dan data kelima memiliki null dalam field id_koordinator.

Table tb_koordinator:


Untuk menambahkan data ke dalam tabel tb_koordinator dapat menggunakan command seperti diatas, disini data yang ditambahkan adalah 5 data.

Output:

Table tb_team:


Berikut adalah isi data dari tabel tb_team.

Table tb_koordinator:


Berikut adalah isi data dari tabel tb_koordinator.

Get Data For Each Table Created for all fields

Input:  


Command diatas adalah untuk mengambil semua data dari tabel yang sudah dibuat sebelumnya, yaitu tabel tb_pengguna, tb_team, dan tb_koordinator.

Output:


Berikut adalah isi dari tabel yang telah dibuat setelah diambil menggunakan command sebelumnya.

Get Data For Each Table Created for some fields
 
Input:


Untuk mengambil beberapa field dari tabel dapat menggunakan command seperti diatas, yaitu tidak menggunakan '*' namun disebutkan field yang diambil data nya, untuk tb_pengguna data yang diambil adalah dari field userid, nama, email, untuk tb_team adalah field id_team dan nama_team, dan untuk tb_koordinator field yang diambil hanya field nama.

Output:


Berikut adalah isi data dari field yang diambil dari tabel.

Get Data From Tables Created Using Filter

Input:


Untuk menggunakan filterisasi dalam mengambil data dapat menggunakan command 'WHERE', disini ada 3 filterisasi yang digunakan, yaitu pada tb_pengguna hanya mengambil data yang field no_telp memiliki value '812' diawal, pada tb_team data yang diambil yaitu pada field id_team yang value nya lebih dari 2, dan untuk tb_koordinator data yang diambil adalah data yang memiliki 'Park Hyungseok' dalam field nama nya.

Output:


Berikut adalah output dari pengambilan data setelah diberi filterisasi.

Get Data From Table tb_team And tb_koordinator Using Inner Join

Input:


Untuk menggunakan inner join antara tabel tb_team dan tb_koordinator dapat menggunakan command diatas, alias a diberikan kepada tabel tb_team, dan alias b diberi kepada tabel tb_koordinator, 'a.id_koordinator = b.id_koordinator' adalah relasi yang terbentuk antara kedua tabel yaitu menggunakan foreign key dan primary key.

Output:


Berikut adalah output inner join dari tabel tb_team dan tb_koordinator, data disini tidak memiliki null karena inner join digunakan untuk mengambil data yang memiliki ketentuan sama dan tidak mengambil data null.

Get Data From Table tb_team And tb_koordinator Using Left Join

Input:


Untuk menggunakan left join antara tabel tb_team dan tb_koordinator dapat menggunakan command diatas, alias a diberikan kepada tabel tb_team, dan alias b diberi kepada tabel tb_koordinator, 'a.id_koordinator = b.id_koordinator' adalah relasi yang terbentuk antara kedua tabel yaitu menggunakan foreign key dan primary key.

Output:


Berikut adalah output left join dari tabel tb_team dan tb_koordinator, data disini tidak memiliki null karena left join digunakan untuk mengambil semua data pada tabel sebelah kiri, sedangkan data pada tabel disebelah kanan hanya akan ditampilkan jika data terkait pada tabel tersebut muncul di tabel sebelah kiri.

Get Data From Table tb_team And tb_koordinator Using Right Join

Input:


Untuk menggunakan right join antara tabel tb_team dan tb_koordinator dapat menggunakan command diatas, alias a diberikan kepada tabel tb_team, dan alias b diberi kepada tabel tb_koordinator, 'a.id_koordinator = b.id_koordinator' adalah relasi yang terbentuk antara kedua tabel yaitu menggunakan foreign key dan primary key.

Output:


Berikut adalah output right join dari tabel tb_team dan tb_koordinator, data disini tidak memiliki null karena right join digunakan untuk mengambil semua data pada tabel sebelah kanan, sedangkan data pada tabel disebelah kiri hanya akan ditampilkan jika data terkait pada tabel tersebut muncul di tabel sebelah kanan.

Rename Tb_pengguna To Tb_anggota

Input:


Unruk mengubah nama tabel dapat menggunakan command seperti diatas yaitu, 'ALTER TABLE (nama_tabel_lama) RENAME TO (nama_tabel_baru);'.

Output:


Berikut adalah output dari show tables, yaitu command untuk melihat tabel yang ada dalam suatu database.

Add Column Team On Tb_anggota

Input:


Untuk menambahkan column atau field ke dalam tabel tb_anggota dapat menggunakan command seperti ini, 'AFTER no_telp' berarti field yang akan ditambahkan berada setelah field no_telp.

Output:


Berikut adalah deskripsi dari tabel tb_anggota setelah ditambahkan field team.

Add Relation Between Tb_anggota And Tb_team

Input:


Untuk menambahkan constraint foreign key dalam tabel tb_anggota dapat menggunakan command diatas, field dari tb_anggota yang digunakan untuk menyimpan foreign key adalah field team yang baru saja kita tambahkan, serta untuk referensi atau tempat relasi dari foreign key tersebut berada di tb_team pada field id_team, on update cascade on delete cascade berarti ketika data dalam tabel primary yaitu tb_team dihapus atau diubah maka data dalam tabel secondary yaitu tb_anggota akan berubah seperti data dalam tabel primary.

Output:


Berikut adalah deskripsi dari tabel tb_anggota setelah ditambahkan foreign key pada field team.

Truncate All Tables

Input:


Untuk dapat menggunakan truncate, command untuk mengosongkan atau menghapus semua data dala tabel, kita harus matikan dulu pengecekan foreign key yaitu menggunakan 'SET FOREIGN_KEY_CHECKS=' untuk menjadi true dapat menggunakan angka '1' dan false dapat menggunakan '0', jika pengecekan foreign ket sudah dimatikan kita dapat langsung menggunakan command seperti diatas.

Output:


Berikut adalah isi dari tabel setelah di truncate, data dalam tabel akan menjadi kosong atau semua nya terhapus

Insert Data Into Table tb_koordinator

Input:


Untuk menambahkan data ke dalam tabel tb_koordinator dapat menggunakan command seperti diatas, disini data yang ditambahkan adalah 5 data.

Output:



Insert Data Into Table tb_team

Input:


Untuk menambahkan data ke dalam tabel tb_koordinator dapat menggunakan command seperti diatas, disini data yang ditambahkan adalah 6 data, dan disini ada 2 data yang memiliki null yaitu pada team 'Avocado' dan 'Pear'.

Output:


Berikut adalah isi dari tabel tb_anggota setelah ditambahkan.

Insert Data Into Table tb_anggota

Input:


Untuk menambahkan data ke dalam tabel tb_anggota dapat menggunakan command seperti diatas, disini data yang ditambahkan adalah 60 data, dan disini ada 23 data yang memiliki nilai null dalam field team.

Output:


Berikut adalah isi dari tabel tb_anggota setelah ditambakan data.

Get Data From All Tables With Null Data From Table Tb_koordinator

Input:


Untuk mengambil data dari semua tabel serta data null dari tabel tb_koordinator, dapat menggunakan command seperti diatas yaitu menggunakan left outer join dalam ketiga tabel, karena left outer join digunakan untuk menampilkan semua data sebelah kiri dari table yang di joinkan dan menampilkan data sebelah kanan yang cocok dengan kondisi join.

Output:


Berikan output dari left outer join dari ketiga tabel.

Get Data From All Tables Without Null Data From Table Tb_koordinator

Input:


Untuk mengambil data dari semua tabel tanpa data null dari tabel tb_koordinator, dapat menggunakan command seperti diatas yaitu menggunakan inner join dalam ketiga tabel, karena inner join digunakan untuk mengambil data yang memiliki ketentuan sama dan tidak mengambil data null.

Output:


Berikut adalah output dari inner join antara ketiga tabel.

Get Data only field fullname from tb_koordinator and fullname from tb_anggota without null data

Input:


Untuk mengambil beberapa field data dari semua tabel tanpa data null dari tabel tb_koordinator, dapat di pilih dulu fieldnya dalam command select, dan menggunakan command seperti diatas yaitu menggunakan inner join dalam ketiga tabel, karena inner join digunakan untuk mengambil data yang memiliki ketentuan sama dan tidak mengambil data null.


Output:


Berikut adalah output inner join dari field nama_koordinator dan nama_anggota.

Get Data only field fullname from tb_koordinator and fullname from tb_anggota with null data

Input:


Untuk mengambil beberapa field data dari semua tabel dengan data null dari tabel tb_koordinator, dapat di pilih dulu fieldnya dalam command select, dan menggunakan command seperti diatas yaitu menggunakan left outer join dalam ketiga tabel, karena left outer join digunakan untuk menampilkan semua data sebelah kiri dari table yang di joinkan dan menampilkan data sebelah kanan yang cocok dengan kondisi join.

Output:



Get Data From All Tables Sort By Fullname From Tb_anggota Alphabetically

Input:


Untuk mengambil field nya disini diambil hanya field nama dari setiap tabel, dan dijoin menggunakan left join untuk mengambil semua data dari tabel kiri, serta untuk sort nama menggunakan order by, yaitu command untuk melakukan sort dan menggunakan asc yang berarti urutan dari terendah ke tertinggi, maka dalam alphabet akan mulai dari nama berawalan "a".

Output:


Berikut adalah output dari command diatas.

Count The Number Of Members Based On The Team

Input:


Disini data yang diambil hanya data yang memiliki data dalam field team, dan dijoin menggunakan right join untuk tb_team dimana field nama_team berada, dan fungsi count(a.team) adalah untuk menghitung jumlah data yang ada pada field team di tabel tb_anggota, kemudian di grup berdasarkan nama teamnya menggunakan command "GROUP BY  b.nama_team".

Output:


Berikut adalah outputnya.

Count The Number Of Members Based On Fullname On Tb_koordinator That Has Members More Than Or Equal To 5

Input:


Untuk joinnya menggunakan right join sama seperti command sebelumnya, namun disini untuk field userid dalam tabel tb_anggota di count, dan di grup menggunakan nama_koordinator dalam tabel tb_koordinator, serta data yang diambil adalah nama_koordinator yang memiliki data lebih dari sama dengan 5 dari tb_anggota pada field userid.

Output:


Berikut adalah outputnya.

Create View From Data On Point 26

Input:


Disini kita membuat view atau tabel virtual dari query, untuk qury yang digunakan adalah join antara 3 tabel menggunakan left outer join, dan setelah view dibuat untuk mengambil data dari query tadi kita hanya perlu mengambil dari view yang dibuat tadi, jadi view disini itu bermaksud sebagai shortcut untuk query yang akan kita gunakan, jadi ketika kita ingin melihat data left outer join dari ketiga tabel kita dapat langsung menggunakan view yang dibuat ini.

Output:


Berikut adalah outputnya.

Create Temporary Table From Data On Point 26

Input:


Temporary table disini adalah tabel sementara yang dapat digunakan ketika kita membuat nya dalam session saat ini, jadi ketika kita keluar dan masuk session baru maka tabel ini akan otomatis terhapus. Disini tabel yang dibuat adalah "temp_koordinator_anggota" dan untuk datanya mengambil dari query yang sama seperti view sebelumnya, dan untuk cara melihat tabel ini dapat digunakan seperti view, bedanya dengan view, view tidak akan terhapus walaupun kita memulai session baru.

Output:


Dan ini adalah output dari command sebelumnya.

Truncate Table Temporary

Input:


Command truncate berfungsi untuk mengosongkan tabel atau menghapus semua data yang ada dalam tabel, disini temporary table yang tadi kita buat di truncate, sehingga isi dari tabel tersebut akan menjadi kosong.

Output:


Dan ini adalah outputnya, data dalamn tabel akan menjadi kosong.

Insert Data Into Table Temporary From View Using Query Insert Data Using Select

Input:


Disini melakukan insert ke dalam temporary table "temp_koordinator_anggota" melalui view yang sebelumnya, yaitu view yang berisi query dari left outer join ketiga tabel.

Output:


Dan ini adalah output dari temporary table setelah di insert menggunakan query dari view.

Add Column Captain Using Data Type Boolean

Input:


Untuk menambahkan column atau field ke dalam tabel tb_anggota dapat menggunakan command seperti ini, 'AFTER team' berarti field yang akan ditambahkan berada setelah field team, tipe data yang kita gunakan adalah boolean yang hanya berisi 2 data yaitu "true atau 1" dan "false atau 0".

Output:


Berikut adalah deskripsi tabel setelah ditambahkan field captain.

Update Data tb_anggota For Each Team Have 1 Captain

Input:


Disini karena ada 6 team, maka data yang field captain dijadikan true hanya 1 orang per team, dan untuk melakukannya dapat menggunakan seperti command diatas.

Output:


Dan ini adalah output dari command diatas, "1" dalam field captain berarti data tersebut adalah captain dari setiap team.

Add Column jenis_kelamin Using Data Type Enum

Input:


Untuk menambahkan column atau field ke dalam tabel tb_anggota dapat menggunakan command seperti ini, 'AFTER no_telp' berarti field yang akan ditambahkan berada setelah field no_telp, dan tipe data adalah enum yang berisi 2 pilihan "laki-laki" dan "perempuan", enum ini adalah tipe data yang berisi pilihan untuk datanya, dan pilihan dalam enum disini adalah untuk jenis kelamin dimana hanya ada 2 pilihan yaitu laki-laki atau perempuan. 

Output:


Dan ini adalah output dari deskripsi tabel setelah ditambahkan field jenis_kelamin

Update Data tb_anggota For Column jenis_kelamin

Input:


Untuk mengupdate yang ada dalam tabel tb_anggota dan mengubah jenis kelamin dalam setiap data dapat menggunakan command seperti diatas, disini saya menggunakan filterisasi dari userid, jadi dalam mengubah datanya kita masukkan isi dari field userid setiap data.

Output:


Dan ini adalah output dari data yang sudah di update jenis kelaminnya.

Get Data From 3 All Table Sort By Fullname From Tb_anggota Alphabetically

Input:


Jika pada join sebelumnya kita hanya mengambil field nama, disini kita mengambil semua field dari tabel yang ada dan di sort menggunakan field nama dalam tabel tb_anggota, untuk join nya disini menggunakan left outer join dan di order by asc pada field nama di tabel tb_anggota.

Output:


Dan ini adalah output dari command diatas, data yang ada akan berurutan sesuai abjad berdasarkan nama dalam field nama di tabel tb_anggota






Sekian dari saya, terima kasih
Peserta Program Beasiswa Protonema 2022/2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQL : Data Manipulation Language

Tipe Data SQL : String

Sejarah Linux