Mengenal Java

 

MENGENAL “JAVA”

 


Kalian pasti sudah sering mendengar “Java” terutama bagi para programmer. Nah, untuk kalian para pemula mungkin masih bingung tentang apa itu Java dan bagaimana cara kerjanya? Daripada bingung,  langsung aja kita bahas di artikel kali ini. Penulis audah rangkum beberapa hal penting terkait Java. Selamat membaca!

 

PENGERTIAN JAVA

Apa sih sebenernya Java itu?

Java adalah bahasa pemrograman populer untuk membuat aplikasi web. Dengan jutaan aplikasi Java yang digunakan saat ini, bahasa ini telah menjadi pilihan utama bagi pemrogram selama lebih dari 20 tahun. Java sering digunakan untuk membuat back-end halaman web, aplikasi Android, dan perangkat lunak (software). Sejumlah situs paling populer di dunia, termasuk Spotify, LinkedIn, dan Yahoo!, juga menggunakan Java untuk membuat halaman web mereka. Keserbagunaan penggunaan Java di berbagai platform merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilannya. Sebanyak 13 miliar perangkat berhasil menjalankan Java karena kemampuan beradaptasinya.

Selain itu, Java merupakan bahasa multiplatform, berorientasi objek, dan jaringan-sentris yang dapat digunakan sebagai platform. Java termasuk bahasa pemrograman yang aman, cepat, dan terpercaya untuk membuat segala sesuatu mulai dari aplikasi seluler dan perangkat lunak perusahaan hingga aplikasi data besar dan teknologi sisi server. Slogan Java adalah "Write Once, Run Anywhere” yang berarti Java dapat beroperasi di berbagai platform tanpa harus mengaturnya kembali. Misalnya, ia dapat beroperasi di Android, Linux, Windows, dan platform lainnya secara langsung. Hal ini memungkinkan karena Java memiliki skema sintaks (syntax) atau kode pemrograman tingkat sangat tinggi. Sintaks akan dikompilasi menjadi kode numerik platform (bytecode) menggunakan Java Virtual Machine (JVM), yang memungkinkan aplikasi Java beroperasi di berbagai perangkat.

 

ASAL USUL JAVA

Kok bisa ada Java, gimana awalnya?

Asal-usul Java pertama kali didokumentasikan dalam sebuah inisiatif di Sun Microsystems pada tahun 1991 yang dijuluki "The Green Project". Sun Microsystems adalah bisnis perangkat lunak di Amerika. Gadget atau perangkat pintar adalah tujuan awal James Gosling, Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan Bill Joy. Sayangnya, hasil dari bahasa pemrograman C ++ dan C yang mereka rumuskan tidak memuaskan, sehingga dibuatlah bahasa pemrograman yang lebih baru dan lebih kompleks. Setelah mengelola proyek selama 18 bulan, James Gosling mampu mengembangkan bahasa pemrograman baru bernama Oak. Namun, James Gosling harus mengganti nama tersebut setelah mengetahui bahwa perusahaan Oak Technology sudah menggunakan brand Oak. Akhirnya nama Oak diubah menjadi Java pada tahun 1995. Menurut legenda, kata Java terinspirasi dari nama Java coffee atau kopi Jawa. Logo bahasa komputer Java pun hingga saat ini adalah secangkir kopi.

Perjalanan Java jika dirangkum dapat dijelaskan sebagai berikut. Satu tahun setelah mengganti namanya menjadi Java, sistem operasi pertama kali diluncurkan pada 1996 yang dinamai Java Kit 1.0. Mulai tahun 1997 sampai 2000, Java Community Process (JCP) merangkai mekanisme pengembangan untuk pihak luar. Website java.com juga dibuat dengan dua versi di tahun 2001-2004 agar user dapat mengunduh dan mengaksesnya di desktop maupun laptop. Tepat di tahun 2005 atau 10 tahun sejak pemograman ini diluncurkan, Java sudah digunakan oleh 4,5 juta developer dan 2,5 miliar perangkat. Perkembangan terus berjalan pesat. Dalam periode tahun 2006-2014, Java mengalami banyak kemajuan seperti membuat versi open source di bawah GNU (General Public License), meluncurkan JVM (Java Virtual Machine), mengakuisisi Sun. Oracle untuk mempublikasikan Java Magazine, dan menyediakan Java SE 8 yang diterjemakan dalam 8 bahasa dunia. Hingga saat ini tahun 2022, Java sudah menjadi platform bahasa pemograman nomor satu di dunia yang populer dalam berbagai aplikasi mobile, khususnya.

 

FUNGSI JAVA

Java itu bisa dipakai buat apa aja sih?

Sebagai bahasa pemograman yang free dan flexible, Java membangun perangkat lunak yang dilokalkan dan terdistribusi. Java memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Jika digunakan dalam personal computer, Java dapat berfungsi sebagai:

  • pendukung native method dimana Java memungkinkan programmer dapat menulis berbagai fungsi lebih cepat
  • sebuah platform independence yang dapat dijalankan di segala macam sistem operasi
  • program komputer dengan fokus utamanya adalah objek sehingga dapat saling melakukan komunikasi antarobjek di dalamnya
  • bahasa pemograman yang paling sederhana dengan menggunakan sintaks
  • bentuk penyempurnaan dari C++ sehingga user dapat memperluas kode-kode dibandingkan melalui C++
  • penyedia fitur GUI atau Grafical User Interface
  • pemisah bagian pengamanan kesalahan dengan bagian kode normal menggunakan exception-handling untuk menghindari kesalahan
  • penyedia garbage collector
  • pemograman yang aman karena pengamanannya cukup ketat dengan pengaman tiga lapis
  • perpustakaan lengkap bagi segala kebutuhan programmer

Fungsi lain dari Java terkait kebergunaannya juga dapat dilihat dari poin-poin berikut:

  • digunakan sebagai pengembangan game-game seluler, komputer, dan video populer, tidak terkecuali modern game seperti virtual reality game
  • sangat cocok dipakai dalam aplikasi berbasi cloud yang terdesentralisasi
  • digunakan untuk mesin pemrosesan data yang bertanggung jawab atas set data yang rumit serta data waktu real dalam jumlah besar
  • Java adalah pendorong adanya pustaka machine learning yang dapat mengembangkan aplikasi kecerdasan buatan
  • Java dapat membuat sensor program dan hardware di perangkat edge yang terhubung ke internet

 

KOMPONEN PENTING DALAM JAVA

Apa sih hal terpenting yang harus ada dalam Java?

Java tentu memiliki komponen penting di dalamnya yang membantu untuk menjalankan program dengan baik. Komponen Java terdiri dari 3 hal penting

 1. Java Development Kit (JDK)

JDK adalah komponen inti dari Java Environment dan menyediakan semua tools, binaries, executables yang dibutuhkan untuk menyusun dan mengeksekusi sebuah program Java

2. Java Virtual Machine (JVM)

Komponen ini adalah komponen vital atau sering disebut sebagai jantungnya bahasa pemrograman Java. Jalan atau tidaknya sebuah program mengacu pada JVM karena ia berperan dalam pengubahan kode bit ke kode khusus. JVM membantu dalam inti Java, diantaranya pengelolaan memori, pengumpulan sampah, dan keamanan.

3. Java Runtime Environment (JRE)

Komponen terakhir merupakan hasil implementasi dari JVM yang menyediakan platform untuk mengeksekusi program Java. Maka dari itu, JRE terdiri dari JVM, binari Java, dan beberapa kelas untuk menjalankan program-program Java.

Selain komponen di atas, Java juga memiliki fitur-fitur yang mendorong kinerja komponen yaitu kemudahan bahasa pemograman dan kodenya juga familiar, pemograman sangat fungsional, mendukung kinerja yang tinggi dan optimal, serta mempunyai kemampuan multithreaded dan interdependensi.

 

CARA KERJA JAVA

Cara mengoperasikan Java itu kayak gimana ya?

Konsep yang perlu kita pahami adalah bahasa pemograman seperti Java itu kita jadikan sebagai jembatan antara manusia dan perangkat keras (hardware). Karena pada dasarnya komputer atau mesin hanya bisa mengerti bahasa komunikasi elektronik. Oleh karena itu, para developer harus menguasai dua hal penting berikut sebelum menjalankan Java:

  • Bahasa Java dan API, yang nantinya digunakan sebagai alat komunikasi front-end antara developer dan platform Java.
  • Mesin Virtual Java, yang dijadikan alat komunikasi back-end antara platform Java dengan perangkat keras dasarnya.

Untuk mulai menulis bahasa pemograman, kita bisa menulisnya dulu pada Text Editor, bisa menggunakan TextEdit (MacOS) dan Notepad (Windows). Setelah menulis kode tersebut, kamu bisa menyimpannya dengan format “.java”. Program ini belum selesai alias masih harus diterjemahkan kodenya menggunakan Java Compiler. Nantinya koden akan diubah menjadi file Java-Bytecode dan berformat “.class”. Setelah itu, program baru bisa terbaca dan dapat dijalankan oleh Java Virtual Machine atau JVM.

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JAVA

Meski dengan segala pengembangan yang dilakukan, Java tentunya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan yang mesti dipertimbangkan oleh developer. Apa saja ya kelebihan dan kekurangannya? Yuk kita bahas dalam tabel berikut!


Tabel 1. Kelebihan dan Kekurangan JAVA


KELEBIHAN

KEKURANGAN

Bahasa sederhana dan mudah dipelajari

Performa cukup lambat dibanding yang lain terutama dalam proses kompilasi dan abstraksi

Fokus dan berorientasi pada objek

Memori yang dibutuhkan lebih banyak dan mempengaruhi kinerja

Mempunyai dokumentasi baik dengan dukungan komunitas

Kode agak rumit karena bersifat verbose atau terdapat beberapa kalimat panjang yang sulit dibaca

Multiplatform (dipakai dimana saja)

Rentan didekompilasi

Multithreaded (menjalankan lebih dari satu program bersamaan)

Tampilan GUI atau grafis masih kurang menarik dan tidak konsisten

Gratis dan open source

Tidak adanya backup penyimpanan dan pencadangan data

Bahasa pemograman aman

 

Tersedia beragam framework

 






Peserta Program Beasiswa Protonema 2022/2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQL : Data Manipulation Language

Tipe Data SQL : String

Sejarah Linux