Tipe Data SQL : Boolean

Pengertian Boolean

Tipe data boolean dalam SQL adalah tipe data yang hanya memiliki dua nilai yaitu TRUE dan FALSE. Tipe data ini digunakan untuk menyimpan nilai boolean atau logika dalam basis data. Pada umumnya, nilai TRUE direpresentasikan sebagai 1, sedangkan FALSE direpresentasikan sebagai 0. Namun, beberapa sistem basis data juga menyediakan nilai lain untuk merepresentasikan nilai boolean, seperti 't' untuk TRUE dan 'f' untuk FALSE.

Jenis - Jenis Boolean
  1. NOT: Digunakan untuk mengembalikan nilai boolean yang berlawanan dengan nilai boolean asli. Misalnya, NOT TRUE akan menghasilkan nilai FALSE, dan NOT FALSE akan menghasilkan nilai TRUE.
  2. AND: Digunakan untuk mengembalikan nilai boolean TRUE jika kedua operand bernilai TRUE, atau FALSE jika salah satu operand bernilai FALSE.
  3. OR: Digunakan untuk mengembalikan nilai boolean TRUE jika salah satu operand bernilai TRUE, atau FALSE jika kedua operand bernilai FALSE.
Contoh Penggunaan Boolean

Kita buat tabel absen terlebih dahulu:


Lalu, kita bisa memasukkan data siswa dengan pernyataan SQL seperti berikut:


Pada contoh di atas, kita memasukkan data absen dengan nama siswa Muhammad Tegep Rahmanda, Ibnu Nasrulloh, Andi Ahmad Yusup, Fahmi Maulana Fadila, dan Egi Subastian. Siswa Muhammad Tegep Rahmanda, Andi Ahmad Yusup, dan Fahmi Maulana Fadila hadir pada saat absen (nilai TRUE), sedangkan siswa Ibnu Nasrulloh dan Egi Subastian tidak hadir (nilai FALSE).

Kita juga bisa menggunakan pernyataan SQL untuk mengolah data absen, seperti menampilkan data siswa yang hadir atau tidak hadir. Contoh penggunaan SQL seperti berikut:


Dengan menggunakan pernyataan SQL seperti di atas, kita dapat menampilkan data siswa yang hadir atau tidak hadir pada saat absen dengan menggunakan tipe data boolean.






Sekian dari saya, terima kasih.
Peserta Program Beasiswa Protonema 2022/2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQL : Data Manipulation Language

Tipe Data SQL : String

Sejarah Linux