Join : Inner Join

Pengertian Inner Join

Inner join adalah operasi penggabungan dua atau lebih tabel dalam database berdasarkan kondisi yang ditentukan oleh pengguna. Inner join akan menghasilkan baris data yang hanya ada di kedua tabel dan memenuhi kondisi join yang diberikan. Inner join hanya akan mengambil baris data yang memiliki nilai yang sama dalam kolom yang dijadikan sebagai kondisi join.

Inner join biasanya digunakan untuk menggabungkan data dari dua atau lebih tabel yang memiliki hubungan antara satu sama lain. Hubungan tersebut biasanya ditentukan oleh adanya kunci asing (foreign key) pada satu tabel yang mengacu pada kolom kunci (primary key) pada tabel lainnya. Inner join dapat membantu pengguna untuk mengambil data dari dua atau lebih tabel dan menggabungkannya dalam satu hasil, sehingga memudahkan dalam melakukan analisis dan pengolahan data yang kompleks.

Fungsi Inner Join

Fungsi dari inner join dalam database adalah untuk menggabungkan data dari dua atau lebih tabel yang memiliki hubungan atau relasi antara satu sama lain. Inner join dapat membantu pengguna untuk mengambil data dari beberapa tabel dan menggabungkannya dalam satu hasil, sehingga memudahkan dalam melakukan analisis dan pengolahan data yang kompleks.

Contoh Penggunaan Inner Join

Berikut contoh inner join antara dua tabel yaitu "tb_kelas" dan "tb_guru" dengan menggunakan kolom "id_wali_kelas" pada tabel "tb_kelas" sebagai foreign key dan "id_guru" pada tabel "tb_guru" sebagai primary key sebagai berikut:

Tabel tb_kelas:






Tabel tb_guru:






Berikut adalah command untuk melakukan inner join:


Hasil dari query di atas akan menggabungkan data dari kedua tabel dan mengambil data kolom "nama_kelas" dari tabel "tb_kelas" dan kolom "fullname" dari tabel "tb_guru" dengan kondisi join pada kolom "id_wali_kelas" dari tabel "tb_kelas" yang sama dengan kolom "id_guru" dari tabel "tb_guru".


Dan ini adalah output dari command diatas:








Sekian dari saya, terima kasih.
Peserta Program Beasiswa 2022/2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQL : Data Manipulation Language

Tipe Data SQL : String

Sejarah Linux