Join : Full Outer Join

Pengertian Full Outer Join

Full outer join merupakan jenis join dalam SQL yang menggabungkan semua baris dari dua tabel, baik yang cocok maupun yang tidak cocok berdasarkan kondisi join yang ditentukan. Dalam full outer join, semua baris dari kedua tabel akan dicantumkan dalam hasil query, bahkan jika ada baris di salah satu tabel yang tidak memiliki pasangan di tabel lain. Jika suatu baris hanya ada di salah satu tabel, maka nilai NULL akan diisi untuk kolom yang sesuai di tabel lain.

Fungsi Full Outer Join

Fungsi Full Outer Join digunakan untuk menggabungkan semua baris dari dua tabel dengan menghasilkan baris yang sesuai dari setiap tabel. Full Outer Join menggabungkan hasil dari Left Outer Join dan Right Outer Join. Ini menghasilkan set data yang mencakup semua baris dari kedua tabel, dan ketika tidak ada data yang cocok dalam tabel lain, akan menampilkan NULL.

Contoh Penggunaan Full Outer Join

Berikut contoh full outer join antara dua tabel yaitu "tb_kelas" dan "tb_guru" dengan menggunakan kolom "id_wali_kelas" pada tabel "tb_kelas" sebagai foreign key dan "id_guru" pada tabel "tb_guru" sebagai primary key sebagai berikut:

Tabel tb_kelas:






Tabel tb_guru:






Berikut adalah command untuk melakukan full outer join:



Dan ini adalah output dari command diatas:


Dalam output tersebut, kita dapat melihat bahwa hasil full outer join terdiri dari seluruh baris dari kedua tabel yang di-join, karena tidak ada nilai yang diabaikan. Kolom id_kelas, nama_kelas, dan id_wali_kelas berasal dari tabel tb_kelas, sedangkan kolom id_guru dan fullname berasal dari tabel tb_guru. 






Sekian dari saya, terima kasih.
Peserta Program Beasiswa 2022/2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQL : Data Manipulation Language

Tipe Data SQL : String

Sejarah Linux