Join : Right Join

Pengertian Right Join

Right Join merupakan salah satu jenis operasi join dalam SQL yang mengembalikan semua record atau data yang ada pada tabel kanan (right table) dan data yang sesuai dari tabel kiri (left table). Dalam Right Join, hasilnya akan menghasilkan data yang sama dengan Left Join, namun urutan atau prioritas tabel yang digunakan berbeda. Jika pada Left Join, data pada tabel kiri akan diambil semua, maka pada Right Join, data dari tabel kanan yang akan diambil semuanya. Jika terdapat data pada tabel kanan yang tidak ada di tabel kiri, maka nilai NULL akan ditampilkan pada hasil join tersebut.

Fungsi Right Join

Fungsi dari right join adalah untuk menggabungkan baris dari dua tabel dengan memberikan semua baris dari tabel yang berada di sebelah kanan operator join, bahkan jika tidak ada pasangan baris yang sesuai pada tabel yang berada di sebelah kiri operator join. Hal ini berguna ketika ingin menampilkan semua data dari tabel kanan tanpa harus menghilangkan data yang tidak memiliki pasangan dengan tabel kiri.

Contoh Penggunaan Right Join

Berikut contoh right join antara dua tabel yaitu "tb_kelas" dan "tb_guru" dengan menggunakan kolom "id_wali_kelas" pada tabel "tb_kelas" sebagai foreign key dan "id_guru" pada tabel "tb_guru" sebagai primary key sebagai berikut:

Tabel tb_kelas:






Tabel tb_guru:






Berikut adalah command untuk melakukan right join:



Dan ini adalah output dari command diatas:


Pada hasil di atas, terlihat bahwa hasil right join akan menghasilkan seluruh data dari tabel tb_guru, termasuk data yang tidak memiliki pasangan di tabel tb_kelas. Dalam contoh di atas, data "MULTIMEDIA" pada tabel tb_kelas tidak memiliki pasangan dengan tabel tb_guru, sehingga pada hasil join, nilai kolom fullname untuk baris tersebut akan bernilai NULL.







Sekian dari saya, terima kasih.
Peserta Program Beasiswa 2022/2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQL : Data Manipulation Language

Tipe Data SQL : String

Sejarah Linux