Tipe Data SQL : Date and Time

Pengertian Date and Time

Date and time adalah tipe data di SQL yang digunakan untuk merepresentasikan tanggal dan waktu. Tipe data ini digunakan untuk menyimpan informasi waktu yang terkait dengan data yang tersimpan di dalam database. Tipe data date digunakan untuk merepresentasikan tanggal dalam format tahun-bulan-tanggal, sedangkan tipe data time digunakan untuk merepresentasikan waktu dalam format jam-menit-detik. Tipe data datetime digunakan untuk merepresentasikan informasi tanggal dan waktu dalam satu kolom.

Jenis - Jenis Date and Time
  1. DATE: Tipe data ini digunakan untuk merepresentasikan tanggal dalam format YYYY-MM-DD (tahun-bulan-tanggal). Contoh: '2023-03-02' (2 Maret 2023).
  2. TIME: Tipe data ini digunakan untuk merepresentasikan waktu dalam format HH:MM:SS (jam-menit-detik). Contoh: '09:30:45' (jam 9:30:45 pagi).
  3. DATETIME: Tipe data ini digunakan untuk merepresentasikan informasi tanggal dan waktu dalam format YYYY-MM-DD HH:MM:SS. Contoh: '2023-03-02 09:30:45' (2 Maret 2023, jam 9:30:45 pagi).
  4. TIMESTAMP: Tipe data ini digunakan untuk merepresentasikan informasi tanggal dan waktu dalam format YYYY-MM-DD HH:MM:SS. Tipe data ini memiliki batas waktu maksimal hingga tahun 2038, dan biasanya digunakan untuk merekam waktu terakhir kali data diubah atau dimasukkan ke dalam tabel.
Contoh Penggunaan Date and Time


Kolom "tgl_transaksi" digunakan untuk menyimpan informasi tanggal transaksi, sedangkan kolom "waktu_transaksi" digunakan untuk menyimpan informasi waktu transaksi beserta tanggal. Perbedaan antara tipe data DATE dan DATETIME adalah bahwa tipe data DATE hanya menyimpan informasi tanggal, sedangkan tipe data DATETIME menyimpan informasi tanggal dan waktu.





Sekian dari saya, terima kasih.
Peserta Program Beasiswa Protonema 2022/2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQL : Data Manipulation Language

Tipe Data SQL : String

Sejarah Linux