Join : Left Join

Pengertian Left Join

LEFT JOIN adalah salah satu jenis join pada database yang memungkinkan kita untuk mengambil semua data dari tabel yang di-left join, serta data yang sesuai dengan kriteria join dari tabel lainnya. Dalam operasinya, LEFT JOIN akan mengambil seluruh baris dari tabel kiri (tabel yang di-LEFT), dan hanya baris yang sesuai dengan kriteria join dari tabel kanan (tabel yang di-JOIN). Jika tidak ada baris yang sesuai dengan kriteria join dari tabel kanan, maka nilai kolom kanan akan diisi dengan nilai NULL.

Fungsi Left Join

Fungsi dari left join adalah untuk menampilkan semua data yang ada pada tabel kiri, beserta data yang sesuai pada tabel kanan. Dalam situasi di mana data pada tabel kanan tidak ditemukan, left join tetap akan menampilkan data yang ada pada tabel kiri dengan nilai NULL pada kolom kanan. Fungsi ini sangat berguna untuk menggabungkan data dari dua tabel yang memiliki relasi atau keterkaitan.

Contoh Penggunaan Left Join

Berikut contoh left join antara dua tabel yaitu "tb_kelas" dan "tb_guru" dengan menggunakan kolom "id_wali_kelas" pada tabel "tb_kelas" sebagai foreign key dan "id_guru" pada tabel "tb_guru" sebagai primary key sebagai berikut:

Tabel tb_kelas:






Tabel tb_guru:






Berikut adalah command untuk melakukan left join:


Pada contoh di atas, kita melakukan left join antara tabel tb_kelas dan tb_guru dengan menghubungkan field id_wali_kelas dari tabel tb_kelas dengan field id_guru dari tabel tb_guru. Query tersebut akan menampilkan semua data dari tabel tb_kelas, termasuk data yang tidak memiliki matching data di tabel tb_guru. Jika ada data di tabel tb_kelas yang tidak memiliki matching data di tabel tb_guru, maka field fullname dari tabel tb_guru akan menampilkan nilai NULL.


Dan ini adalah output dari command diatas:








Sekian dari saya, terima kasih.
Peserta Program Beasiswa 2022/2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SQL : Data Manipulation Language

Tipe Data SQL : String

Sejarah Linux