SQL : Data Manipulation Language


Pengertian DML

DML (Data Manipulation Language) adalah bagian dari bahasa SQL (Structured Query Language) yang digunakan untuk memanipulasi atau mengubah data dalam sebuah database.

Perintah-Perintah DML

Dalam SQL, terdapat empat jenis perintah DML yang umum digunakan, yaitu SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE.

SELECT 
Perintah SELECT digunakan untuk mengambil atau menampilkan data dari tabel dalam sebuah database. Contohnya, perintah SELECT * FROM nama_tabel akan menampilkan seluruh data yang tersimpan dalam tabel tersebut.

INSERT 
Perintah INSERT digunakan untuk menambahkan data baru ke dalam tabel. Contohnya, perintah INSERT INTO nama_tabel (kolom1, kolom2, kolom3) VALUES (nilai1, nilai2, nilai3) akan menambahkan data baru ke dalam kolom1, kolom2, dan kolom3 dengan nilai-nilai yang ditentukan.

UPDATE 
Perintah UPDATE digunakan untuk mengubah atau memperbarui data yang sudah ada dalam sebuah tabel. Contohnya, perintah UPDATE nama_tabel SET kolom1=nilai_baru1, kolom2=nilai_baru2 WHERE kondisi akan mengubah nilai kolom1 dan kolom2 pada semua baris yang memenuhi kondisi yang ditentukan.

DELETE 
Perintah DELETE digunakan untuk menghapus data yang sudah ada dalam sebuah tabel. Contohnya, perintah DELETE FROM nama_tabel WHERE kondisi akan menghapus semua baris yang memenuhi kondisi yang ditentukan.

Penggunaan DML

Berikut adalah fungsi dan kegunaan DML (Data Manipulation Language):
  • Memanipulasi data 
DML digunakan untuk memanipulasi atau mengubah data dalam sebuah database. Perintah DML seperti INSERT, UPDATE, dan DELETE digunakan untuk menambah, memperbarui, atau menghapus data dalam sebuah tabel.
  • Menampilkan data 
DML juga digunakan untuk menampilkan atau mengambil data dari sebuah tabel dalam sebuah database. Perintah SELECT digunakan untuk mengambil data yang diinginkan dari sebuah tabel.
  • Membuat query yang kompleks 
DML dapat digabungkan dengan perintah SQL lainnya untuk membuat query yang lebih kompleks dan spesifik. Misalnya, perintah SELECT dapat digabungkan dengan perintah JOIN untuk mengambil data dari beberapa tabel sekaligus.
  • Membantu dalam pengambilan keputusan 
DML dapat digunakan untuk melakukan analisis dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Contohnya, dengan menggunakan perintah SELECT, seorang analis dapat mengambil data dari sebuah database dan menganalisisnya untuk membuat keputusan yang lebih baik.





sekian dari saya, terimakasih.
Peserta Program Beasiswa Protonema 2022/2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Data SQL : String

Sejarah Linux